Dinamakan al anbiya karena sesungguh nya di dalam surat ini akan di ceritakan tentang kisah para nabi dan rosul, baik di ceritakan secara singkat atau secara panjang lebar. Surat Al Anbiya termasuk surat makiyah yang diturunkan di mekah. Dan biasa nya ayat yang turun di mekah berkaitan dengan kisah para nabi dan para rosul.; untuk mengokohkan hati rosululloh. terdapat 112 ayat pada Surat Al anbiya.

Surat Al anbiya : ayat 1

اقْتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمْ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ مُعْرِضُونَ 

“Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).”

Alloh menyatakan dalam awal surat al anbiya ini, bahwa sungguh telah dekat waktu dari pada hisab nya mereka para manusia terhadap amal amal mereka, sedangkan mereka dalam keadaan lalai, tenggelam dalam syahwat mereka, lalai dari hari yang sangat menakutkan yaitu hari kiamat, mereka di dunia tidak beramal dan mempersiapkan diri untuk akhirat mereka, inilah kelalaian mereka, padahal waktu datang nya semakin dekat

Ulama mengatakan bahwa, DI AYAT TERSEBUT hari pembalasan di nyatakan dekat, karena memang akhirat itu sifat nya dekat. Di nyatakan dekat karena sesuatu yang pasti datang, itu di nyatakan dekat. Sedangkan sesuatu yang tidak pasti datang nya, di nyatakan jauh. Maka hisab itu dekat.

Dan kalau kita lihat Rosululloh juga mensifatkan hari akhir itu sangat dekat, dimana beliau bersabda : aku ketika diutus, malaikat isrofil sudah mendekatkan terompet nya sangat dekat. Seperti sudah siap untuk meniup sangkakala nya.

Ketika aku diutus,  jarak kiamat seperti jarak jari telunjuk dan jari tengah, artinya sangat dekat.

Untuk itulah hendak nya kita persiapkan amal untuk hari tersebut, tidak tersibukan mengurus masalah dunia. Dan lupa mempersiapkan bekal amal soleh. Menunda amal soleh. Niscaya kita tidak akan beramal. Maka itu lah, harus dilawan diri nya untuk melawan nafsu nya, dan sesegera melakukan amal.

One thought on “Tafsir Al-qur’an Surat Al-Anbiya : Ayat 1 : Oleh Ustadz Umar Husein Assegaf”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *