Kosongkan hati kita dari apapun selain Alloh. Apabila hati kita sudah bisa kosong dari selain Alloh. Maka hati kita  akan di penuhi dengan ma’rifat atau pengetahuan dan sir atau rahasia dari Alloh.

Kosong dari selain Alloh bukan hanya masalah perkara dunia, namun juga kosong dari harapan imbalan atau balasan dari Alloh atas amal-amal solih kita. Setiap amal perbuatan baik yang dilakukan hanya untuk Alloh dan hanya karena Alloh, bukan untuk mendapatkan surga, pahala, derajat di sisi Alloh. Namun murni karena ingin mendapatkan ridho Alloh semata.

Sulit???? Apa mungkin ada yang bisa?????

Ada yang bisa, siapa mereka? Mereka adalah hamba hamba Alloh yang ketika hidup didunia sudah Nampak tanda tanda nya, yaitu mereka yang qonaah…menerima segala sesuatu yang datang dari Alloh. Sehat…sakit…kaya…miskin…kecukupan…kekurangan…di caci orang…di puji orang… semua di terima dengan hati yang lapang dan tidak mengeluh, semua diterima dengan senang hati karena semua datang dari Alloh.

Seberapa bisa kita membersihkan hati  dari selain Alloh, Seperti itu lah hati kita akan bisa dihiasai oleh sifat sifat yang baik.

Langkah melepaskan diri dari selain alloh yaitu :

Pertama lepaskan diri kita dari kenikmatan dunia

Kedua lepaskan diri kita dari kenikmatan hawa nafsu

Ketiga lepaskan diri kita dari kenikmatan akhirat

Maka ketika itu sudah dilakukan, kita akan merasakan kenikmatan mengingat Alloh, kenikmatan memuji Alloh. Kenikmatan menghamba kepada Alloh.

Wallohu a’lam bi showab.

Setetes mutiara hikmah dari kitam alhikam oleh Ustadz Anshori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *